Tips Mencuci Kaos

1. Jangan merendam kaos terlalu lama dalam deterjen, karena dapat menyebabkan sablonan pada kaos cepat rusak. Usahakanlah Anda  tidak merendam kaos dalam deterjen lebih dari 30 menit.

2. Saat Anda akan mencuci Kaos, pisahkan kaos yang berwarna putih dari kaos yang berwarna lain, seperti warna hitam, merah, hijau, biru, dan warna lainnya. Hal ini harus dilakukan supaya jangan sampai kaos yang berwarna putih terkena lunturan kaos yang berwarna lain.

3. Pisahkan juga kaos yang sangat kotor dengan yang tidak terlalu kotor, sebab apabila Anda campur semuanya menjadi satu maka kotoran pada kaos yang lebih kotor tersebut akan menyebar ke kaos yang lain yang tidak terlalu kotor.

4. Sebaiknya saat Anda mencuci kaos, jangan disikat dengan sikat yang terlalu keras, karena hal ini dapat cepat merusak sablon pada kaos. Bila kaos tersebut tidak terlalu kotor maka Anda hanya perlu mengucek kaos tersebut secara pelan, sebab apabila dikucek terlalu keras akan membuat rusak pori-pori kaos tersebut.

5. Selesai dicuci jemurlah kaos dengan cara dibalik, hal ini dilakukan untuk menghindari sinar matahari terkena langsung pada permukaan kaos, sebab bila dijemur dalam keadaan tidak dibalik maka warna kaos akan cepat pudar, karena langsung terkena sinar matahari.

6. Saat dijemur gantunglah kaos seperti biasa dan hindari memakai hanger saat menjemur kaos, sebab bila digantung pakai hanger bisa membuat bagian pundak kaos menjadi melar, terutama kaos-kaos yang berbahan lembut seperti bahan spandek.

7. Sedapat mungkin hindari penggunaan pemutih saat mencuci kaos, karena pemutih pakaian itu biasanya mengandung zat kimia yang sangat kuat, hal ini akan membuat sablonan kaos menjadi luntur atau terkelupas. Bila kaos tersebut berwarna putih dan pada bagian kaos tertentu terkena noda maka gunakanlah pemutih hanya pada bagian yang ternoda saja namun pemutih dioleskan dengan menggunakan cotton buds supaya tidak semua bagian terkena pemutih.

8. Hindari mencuci kaos dengan menggunakan mesin cuci, karena cara terbaik untuk mencuci kaos adalah dicuci seperti biasa menggunakan tangan. Bila dicuci menggunakan mesin cuci dapat membuat kaos menjadi melar, sablon cepat rusak, dan pori-pori kasar. Hal ini dikarenakan pada saat mesin cuci berputar, kaos akan menerima beban tarik-ulur dan gesekan dengan kain lain disekitarnya.

9. Bila Anda tidak mencuci sendiri dan terbiasa mencuci dengan memakai jasa laundry maka pilihlah jasa laundry yang profesional, sebab biasanya pada laundry yang profesional mereka sudah tahu bagaimana mencuci bahan kaos tertentu agar tidak rusak. Dan bila dicuci pada laundry yang tidak profesional maka akan merusak kaos kesayangan Anda.

10. Bila disetrika lihatlah bahan sablon pada kaos terlebih dahulu, apabila sablonannya gampang rusak bila terkena panasnya seterika, maka berikan lapisan lain diatas kaos tersebut sebelum diseterika, atau kaos diseterika bagian permukaan sablonnya dalam keadaan terbalik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s